Blogger Themes

wordpress plugin

12/11/08

APA YANG AKAN KITA LAKUKAN ???

Kecelakaan (accident) bisa terjadi disekitar kita setiap saat. Catatan kecelakaan menunjukan bahwa penyebab kematian tertinggi adalah kecelakaan lalulintas terutama pengendara sepeda motor. Hal ini karena populasi sepeda motor mencapai titik klimaks akhir-akhir ini. Hampir diseluruh jalanan ibu kota setiap hari di padati oleh pengendara sepeda motor.

Saat menemukan korban kecelakaan, setiap orang tentu dalam hati kecilnya ada niat untuk memberikan pertolongan. Tetapi pada kenyataannya hanya sebagian kecil aja yang bear-benar jadi menolong. Hal ini menyangkut keberanian dan pengetahuan dalam memberikan pertolongan.

Padahal pertolongan pertama dilokasi kejadian (pre hosital phase) sangat menentukan keberhasilan pertolongan selanjutnya. Orang yang berani menolong belum tentu membawa manfaat kepada korban, bahkan ada sebagian yang justru membahayakan korban. Contohnya, apabila seorang pengendara sepeda motor mengalami patah tulang leher, kemudian diangkat buru-buru / dipindahkan dari lokasi kejadian tergesa-gesa, bukan tidak mungkin korban yang tadinya masih bisa bicara langsung diam dan mengalami henti napas dan henti jantung karena menglami gangguan pada persyarafannya (ini yang dinamakan cedera sekunder).

Oleh karena itu idealnya semua orang harus mampu memberikan pertolongan pertama bagi dirinya, keluarganya dan orang-orang disekitarnya. Penolong harus mampu call for help, melakukan penanganan ABC (Airway, Breathing, Circulation) dan ekstrikasi/stabilisasi.

Selain itu idealnya ada fasilitas ambulans gawat darurat yang akan datang ke TKP sesaat setelah kejadian untuk evakuasi korban dan melanjutkan pertolongan first aider. Hal ini akan menyatukan (integrated) fase pertolongan korban yaitu fase pra rumah sakit dan fase rumah sakit. Sehingga korban mendaatkan pertolongan secara optimal dan prosedural.

PRO EMERGENCY
021-87903956
021-70249324
08.12.13.14.5000
proemergency@yahoo.co.id


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More